Mengajar efektif adalah harapan dari setiap anak didik,kepala sekolah apalagi institusi atau lembaga pendidikan yang sangat mengharapkan anak didik mampunyai mencapai pemahaman maksimal dalam setiap jenis mata pelajaran yang diajarkan,bahkan disamping kemampuan memahami kognitif juga diimbangi oleh kemampuan lain seperti psikomotorik serta sikap afektif terhadap semua mata pelajaran.
Cara mengajar efektif mutlak harus dilakukan oleh guru,sebab pembelajaran dikatakan efektif apabila mencapai tujuan pembelajaran.secara utuh.hal ini sesuai dengan kehendak kurikulum terbaru,yaitu kurikulum 2013.,
Dalam pengamatan penulis langkah mengajar yang efektif dimaksud adalah sebagai berikut :
1.Guru harus memahami betul kurikulum secara keseluruhan,menyangkut cakupan bahan ajar ( kemampuan yang harus dicapai siswa )sehingga guru dapat memperediksikan langkah yang berkaitan dengan kesesuaian materi dengan model pembelajaran,sistem evaluasi yang cocok,serta media pembelajaran yang up to date dan sesuai .
2. Guru membuat persiapan mengajar secara lengkap seperti rencana pembelajaran ( RPP ) sesuai dengan materi pelajaran,waktu yang tersedia dan situasi kondisi sekolah baik dari sudut tingkat kemampuan siswa, lingkungan dan sarana yang ada
3. Guru memahami dan menguasai isi materi pelajaran yang diajarkan serta ilmu lain yang terkoneksi secara langsung dan tidak langsung dengan materi ajar untuk menambah wawasan dan kedalaman materi yang diajarkan
4. Siapkan sarana pembelajaran yang cocok baik sarana /media belajar yang kongkrit ( actual ).lingkungan ataupun media multimedia,seperti laptop.televisi dan atau handphone dan sebagainya.
5.Siapkan komponen penilaian yang sesuai dengan konsep penilaian kurikulum terbaru,seperti penilaian berbasis kelas,dan hasil penilaian yang dapat dipercaya.
6.Lakukan pembelajaran dikelas dan atau diluar kelas tepat waktu dan sistem penyajian yang efektif,efisien dan fleksibel.
7. Bersikap ramah,santun dan penuh kasih sayang dalam memperhatikan tingkat usia,kondisi lingkungan dan watak atau karakter siswa yang berada dalam daerah tertentu,baik gaya bicara,pola prilaku dan kebiasaan yang berlaku ditempat tersebut.
8. Adakan evaluasi pembelajaran atau refleksi terhadap kelemahan pembelajaran yang pernah dilakukan.untuk menemukan solusi penyelesaian terbaik terhadap kelemahan pembelajaran tersebut.baik dari sudut materi,metode dan lain sebagainya.
Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar