Setiap guru yang akan mengajar dikelas ,tentu ada beberapa hal yang harus dilakukannya sehingga proses pembelajaran itu dapat diketahui benar secara prosedur dan standar isi bahan apa saja yang akan diberikan kepada siswa tersebut, tentu memuat beberapa langkah seperti Pendahuluan ,kegiatan inti ,strategi pembelajaran,langkah langkah scientific yang benar menurut kurikulum 2013,cara penilaian outhentik dan penggunaan bahasa serta kegiatan penutup
LEMBAR KERJA
SIMULASI PEMBELAJARAN
1. Nama Peserta :
..............................................
2. Asal Sekolah :
..............................................
3. Tema :
..............................................
Aspek yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan Pendahuluan
|
||||
Melakukan apersepsi dan motivasi
|
||||
a
|
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
|||
b
|
Mengaitkan materi pembelajaran
sekarang dengan pengalaman peserta didik dalam perjalanan menuju sekolah atau
dengan tema sebelumnya.
|
|||
c
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitan dengan tema yang akan
dibelajarkan.
|
|||
d
|
Mengajak peserta didik
berdinamika/melakukan sesuatu kegiatan yang terkait dengan materi.
|
|||
Kegiatan Inti
|
||||
Guru menguasai
materi dalam tema yang disajikan
|
||||
a.
|
Kemampuan menyesuaikan materi dalam tema dengan tujuan
pembelajaran.
|
|||
b.
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevandengan
perkembangan Iptek dankehidupan nyata .
|
|||
c.
|
Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dalam tema
yang dibelajarkan dengan tepat.
|
|||
d.
|
Menyajikan materi
dalam tema secara sistematis dan gradual (dari yang mudah ke
sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|||
Guru menerapkan strategi
pembelajaran yang mendidik
|
||||
a.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
|
|||
b.
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.
|
|||
c.
|
Menguasai kelas dengan baik.
|
|||
d.
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.
|
|||
e.
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya
kebiasaan positif (nurturant effect).
|
|||
f.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan.
|
|||
Guru menerapkan pendekatan
scientific
|
||||
a
|
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.
|
|||
b
|
Memancing peserta didik
untuk peserta didik bertanya.
|
|||
c
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan
mengamati.
|
|||
d
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan
menganalisis.
|
|||
f
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan
mengkomunikasikan.
|
|||
Guru melaksanakan penilaian autentik
|
||||
a
|
Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti
pelajaran.
|
|||
b
|
Melakukan penilaian keterampilan peserta didik dalam
melakukan aktifitas individu/kelompok.
|
|||
c
|
Mendokumentasikan hasil pengamatan skap, perilaku dan
keterampilan peserta didik.
|
|||
Guru memanfaatan
sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
||||
a.
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber
belajar pembelajaran.
|
|||
b.
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran.
|
|||
c.
|
Menghasilkan pesan yang menarik.
|
|||
d.
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
|
|||
e.
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
|
|||
Guru memicu
dan/atau memelihara keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran
|
||||
a.
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber
belajar.
|
|||
b.
|
Merespon positif partisipasi peserta didik,
|
|||
c.
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik,
|
|||
d.
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.
|
|||
e.
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme peserta didik dalam
belajar.
|
|||
Guru menggunakan
bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
||||
a.
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.
|
|||
b.
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.
|
|||
c.
|
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai.
|
|||
Penutup Pembelajaran
|
||||
Guru mengakhiri
pembelajaran dengan efektif
|
||||
a.
|
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan
melibatkan peserta didik.
|
|||
b.
|
Melaksanakan tindak
lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian
remidi/pengayaan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar