Praktek mengajar bagi guru didepan teman teman guru mutlak diperlukan,sebab sangat sulit bagi guru untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya sendiri,supaya penilaian proses mengajar itu baik, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, karena penilaian harus objektif dan edukatif supaya efektif dan inovatif.ini semua dilakukan supaya seorang guru benar benar profesional dalam bidangnya.
INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (PEER
TEACHING)
1.
Nama Peserta : .................................................
2.
Asal Sekolah : .................................................
3.
Topik : .................................................
Aspek
yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan Pendahuluan
|
||||
Apersepsi dan Motivasi
|
||||
1
|
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang
dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
|
|||
2
|
Mengajukan
pertanyaan menantang.
|
|||
3
|
Menyampaikan
manfaat materi pembelajaran.
|
|||
4
|
Mendemonstrasikan sesuatu yang
terkait dengan tema.
|
|||
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
|
||||
1
|
Menyampaikan kemampuan yang akan
dicapai peserta didik.
|
|||
2
|
Menyampaikan
rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan
observasi.
|
|||
Kegiatan Inti
|
||||
Penguasaan Materi Pelajaran
|
||||
1
|
Kemampuan menyesuaikan
materi dengan tujuan pembelajaran.
|
|||
2
|
Kemampuan mengkaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
|
|||
3
|
Menyajikan pembahasan
materi pembelajaran dengan tepat.
|
|||
4
|
Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|||
Penerapan Strategi Pembelajaran
yang Mendidik
|
||||
1
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan
dicapai.
|
|||
2
|
Menfasilitasi kegiatan
yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
|
|||
3
|
Melaksanakan pembelajaran
secara runtut.
|
|||
4
|
Menguasai kelas.
|
|||
5
|
Melaksanakan pembelajaran
yang bersifat kontekstual.
|
|||
6
|
Melaksanakan pembelajaran
yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).
|
|||
7
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
alokasi waktu yang direncanakan.
|
|||
Penerapan
Pendekatan scientific
|
||||
1
|
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.
|
|||
2
|
Memancing peserta didik untuk bertanya.
|
|||
3
|
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba.
|
|||
4
|
Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati.
|
|||
5
|
Memfasilitasi peserta didik untuk menganalisis.
|
|||
6
|
Memberikan pertanyaan peserta didik untuk menalar (proses
berpikir yang logis dan sistematis).
|
|||
7
|
Menyajikan kegiatan
peserta didik untuk berkomunikasi.
|
|||
Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu
|
||||
1
|
Menyajikan pembelajaran sesuai tema.
|
|||
2
|
Menyajikan pembelajaran dengan memadukan berbagai
mata pelajaran dalam satu PBM meliputi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti,
PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, serta
Penjasorkes.
|
|||
3
|
Menyajikan pembelajaran yang memuat komponen
karakteristik terpadu.
|
|||
4
|
Menyajikan pembelajaran yang bernuansa aktif dan
menyenangkan.
|
|||
Pemanfaatan
Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran
|
||||
1
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan
sumber belajar pembelajaran.
|
|||
2
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran.
|
|||
3
|
Menghasilkan pesan yang menarik.
|
|||
4
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
|
|||
5
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
|
|||
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
|
||||
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
|
|||
2
|
Merespon positif partisipasi peserta didik.
|
|||
3
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons
peserta didik.
|
|||
4
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang
kondusif.
|
|||
5
|
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar.
|
|||
Penggunaan
Bahasa yang Benar
dan Tepat dalam Pembelajaran
|
||||
1
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan
lancar.
|
|||
2
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.
|
|||
Kegiatan Penutup
|
||||
Penutup pembelajaran
|
||||
1
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
|
|||
2
|
Memberihan
tes lisan atau tulisan .
|
|||
3
|
Mengumpulkan
hasil kerja sebagai bahan portofolio.
|
|||
4
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan
kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan.
|
|||
Jumlah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar