Senin, 14 September 2015

10 LANGKAH ANALISA CARA MENGAJAR GURU

Praktek mengajar bagi guru didepan teman teman guru mutlak diperlukan,sebab sangat sulit bagi guru untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya sendiri,supaya penilaian proses mengajar itu baik, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, karena penilaian harus objektif  dan edukatif supaya efektif dan inovatif.ini semua dilakukan supaya seorang guru benar benar profesional dalam bidangnya.



INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (PEER TEACHING)

1.    Nama Peserta    :    .................................................
2.    Asal Sekolah        :    .................................................
3.    Topik                   :    .................................................

  Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
Kegiatan Pendahuluan



Apersepsi dan Motivasi



1
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.



2
Mengajukan pertanyaan menantang.



3
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran.



4
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan tema.



Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan



 1
Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.



 2
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.



Kegiatan Inti



Penguasaan Materi Pelajaran



 1
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.



 2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.



 3
Menyajikan  pembahasan   materi pembelajaran dengan tepat.



 4
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik



 1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.



 2
Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.



 3
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.



 4
Menguasai kelas.



 5
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.



 6
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).



 7
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.



Penerapan Pendekatan scientific



 1
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.



 2
Memancing peserta didik untuk  bertanya.



 3
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba.



 4
Memfasilitasi peserta didik untuk   mengamati.



 5
Memfasilitasi peserta didik untuk   menganalisis.



6
Memberikan pertanyaan peserta didik untuk  menalar (proses berpikir yang logis dan sistematis).



7
 Menyajikan kegiatan peserta didik untuk  berkomunikasi.



Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu



1
Menyajikan pembelajaran sesuai tema.



2
Menyajikan pembelajaran dengan memadukan berbagai mata pelajaran dalam satu PBM meliputi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, serta Penjasorkes.



3
Menyajikan pembelajaran yang memuat komponen karakteristik terpadu.



4
Menyajikan pembelajaran yang bernuansa aktif dan menyenangkan.



Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran



 1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.



 2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.



 3
Menghasilkan pesan yang menarik.



 4
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.



 5
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran.



 Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran



 1
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.



 2
Merespon positif partisipasi peserta didik.



 3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.



 4
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.



 5
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar.



Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran



 1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.



 2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.



Kegiatan Penutup 
Penutup pembelajaran 



 1
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.



 2
Memberihan tes lisan atau tulisan .



3
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio.



 4
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan.



Jumlah







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Duga Pemilu Curang, Ramai-ramai Kyai dan Ulama Sampang Desak Bawaslu Gelar Coblos Ulang LAPORAN :  NOVIYANTO AJI SABTU, 17 FEBRUARI 2024 |...