Blog ini berisikan berbagai macam artikel dan video/film serta photo berkaitan dengan Pendidikan dan lainnya untuk memberikan kemudahan bagi pendidik( guru/dosen/widyaiswara/instruktur ) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan kompetensi pendidik demi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.
Kamis, 07 April 2016
Cara Mengembangkan Kepribadian Anak didik
Cara Mengembangkan Kepribadian anak didik
Pengembangan
kepribadian anak dapat ditempuh dengan berbagai cara diantaranya dengan
mengadakan Bimbingan dan konseling,berikut ini adalah uraian tentang fungsi dan
prinsip konseling .
Fungsi Konseling
a.Pemahaman,
yaitu fungsi untuk membantu peserta didik memahami diri dan lingkungannya.
b.Pencegahan,
yaitu fungsi untuk membantu peserta didik mampu mencegah atau menghindarkan
diri dari berbagai permasalahan yang dapat menghambat perkembangan dirinya.
c.Pengentasan,
yaitu fungsi untuk membantu peserta didik mengatasi masalah yang dialaminya.
d.Pemeliharaan dan
pengembangan, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik memelihara dan
menumbuh-kembangkan berbagai potensi dan kondisi positif yang dimilikinya
e.Advokasi, yaitu
fungsi untuk membantu peserta didik memperoleh pembelaan atas hak dan atau
kepentingannya yang kurang mendapat perhatian.
5.Prinsip dan Asas Konseling
a.Prinsip-prinsip
konseling berkenaan dengan sasaran layanan, permasalahan yang dialami peserta
didik, program pelayanan, serta tujuan dan pelaksanaan pelayanan.
b.Asas-asas
konseling meliputi asas kerahasiaan, kesukarelaan, keterbukaan, kegiatan,
kemandirian, kekinian, kedinamisan, keterpaduan, kenormatifan,keahlian, alih tangan kasus, dan tut wuri
handayani.<
/h3>
6.Jenis Layanan
Konseling
a.Orientasi, yaitu
layanan yang membantu peserta didik memahami lingkungan baru, terutama
lingkungan sekolah/madrasah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk menyesuaikan
diri serta mempermudah dan memperlancar peran peserta didik di lingkungan yang
baru.
b.Informasi, yaitu
layanan yang membantu peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi
diri, sosial, belajar, karir/jabatan, dan pendidikan lanjutan.
c.Penempatan dan
Penyaluran, yaitu layanan yang membantu peserta didik memperoleh penempatan dan
penyaluran yang tepat di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program sudi,
program latihan, magang, dan kegiatan ekstra kurikuler.
d.Penguasaan
Konten, yaitu layanan yang membantu peserta didik menguasai konten tertentu,
terumata kompetensi dan atau kebiasaanyang berguna dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat.
e.Konseling
Perorangan, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam mengentaskan masalah
pribadinya.
f.Bimbingan
Kelompok, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi,
kemampuan hubungan sosial, kegiatan belajar, karir/jabatan, dan pengambilan
keputusan, serta melakukan kegiatan tertentu melalui dinamika kelompok.
g.Konseling
Kelompok, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam pembahasan dan
pengentasan masalah pribadi melalui dinamika kelompok.
h.Konsultasi,
yaitu layanan yang membantu peserta didik dan atau pihak lain dalam memperoleh
wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani
kondisi dan atau masalah peserta didik.
i.Mediasi, yaitu
layanan yang membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki
hubungan antar mereka. sekian semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar